Find

Thursday, June 30, 2011

Review panas yang dihasilkan modem smart promo AC682 modem cdma evdo murah cuma 200rb an

Secara umum modem memang bagus, murah dan cepat koneksinya, tetapi modem ini juga sangat cepat panas.
Beberapa agan disini melaporkan panasnya masih wajar dan dalam kategori hangat saja.
Punya ane sendiri juga masih kategori hangat. Ane coba mengukur temperatur menggunakan termometer digital... suhunya berkisar kurang dari 50 derajat celcius. Pengukuran hanya dilakukan dengan menempelkan sensor suhu pada casing modem.

Tentu saja cara ini tidak akurat karena seharusnya pengukuran dengan membuka casing dan sensor ditempelkan langsung pada plat logam terlihat di gambar daleman modem.

Modem tidak terlalu panas kemungkinan dikarenakan :
1. Modem tidak bekerja terlalu berat
2. Posisi dekat dengan BTS, sinyal cukup kuat sehingga modem hanya menggunakan daya minimum.

Sedangkan beberapa agan lain melaporkan modemnya sangat panas, bahkan sampai tidak kuat dipegang. Modem yang sangat panas kemungkinan disebabkan karena :
1. modem bekerja terlalu berat
2. kondisi sinyal lemah, sehingga modem terus-menerus menggunakan daya maksimal untuk menjaga kestabilan koneksi.
3. atau mungkin modemnya tidak normal, sehingga mengeluarkan panas berlebih.

Untuk menurunkan suhu modem, dapat dilakukan dengan cara menempelkan sirip pendingin pada permukaan atas casing modem. Hasilnya ternyata cukup efektif, dapat menurunkan suhu luar modem hingga dibawah 40 derajat celcius.



Karena ada temuan baru, tulisan ane revisi gan...

Ane kedatangan modem AC-682 lagi, kali ini punya adik ane yang akhirnya beli modem ini karena harganya lagi sangat murah. Adik ane pengin modemnya juga dipasangi heatsink, tapi supaya mudah dibawa2 pake netbook minta heatsink yang kecil aja.
Awalnya feeling ane aja, kok modem adik ane terasa lebih panas. Akhirnya ane lakukan uji pengukuran suhu membandingkan kedua modem.
Torture test dengan cara kedua modem dipasangi heatsink yang sama. Dipanteng selama 2 jam mendengarkan kaskus radio streaming, dan hasilnya sebagai berikut :

Hasil pengukuran suhu modem ane :
menggunakan kartu SMARTFREN lokal (frek 800 Mhz - user/pwd: m8)

pengukuran modem ane menunjukkan 40 derajat celsius

Hasil pengukuran suhu modem adik ane :
Menggunakan kartu SMART bawaan modem (frek 1900 MHz - user/pwd: smart)

pengukuran modem adik ane menunjukkan suhu 48 derajat celcius

Ternyata ada perbedaannya hasil pengukuran yang selisihnya cukup besar pada kedua modem sejenis.
Kesimpulan sementara :
- ternyata suhu modem relatif rendah bila bekerja di band 800 MHz
- sedangkan bila dioperasikan pada band yang lebih tinggi (1900 MHz) suhu modem juga lebih tinggi.


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9154281

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails