Find

Saturday, March 26, 2011

Menyusun Trading System yang baik... (profit is sweet)

bisa dibilang technical analysis cuma dapet peran sekitar 15% untuk keberhasilan di forex .Fundamental analysis (dalam hal ini bukan cuma ngeliat calendar, tetapi analisa makro yang rumit) dapet jatah cuma sekitar 25% selebihnya ada di faktor psikologi dan luck (bayangin aja kok trading di demo profit terus sedang di real malah sebaliknya----> menurut analisa saya adalah karena pada akun real mata kita jarang lepas dari monotor yang tanpa brosis sadari bahwa dengan melihat naik turunnya harga akan memakan stamina kita yang akhirnya bisa mengacaukan psikologi trading kita sendiri, simplenya ,dengan ungkapan seperti ini
" aduh capek nih, nanti kalau udah profit sedikit biar deh saya ambil daripada kena loss."

biar segitu kalo bro-sis semua udah dapat trading system yang bagus,.. insya Allah bro-sis bisa dapet psikologi trading yang baik

Lalu bagaimana menciptakan rading system yang baik
Ini memnurut saya, bukan menurut Om-Om bule yang udah bikin banyak buku yang sulit buat kita-kita terapin, sebuah trading system haruslah memiliki syarat sbb:

1. mudah mendefinisikan Tren Naik atau Turun .. cuma liat plek nggak perlu analisa ini itu, kita bisa tahu tren lagi naik atau turun. (Untuk memfasilitasi jargon "TRADE WHAT YOU SEE NOT WHAT YOU THINK" jadi nggak ada istilah macam " aduh! terlambat masuk nih cobatadi gw beli waktu harga masih......"

2. mudah menentukan titik masuk. sebenernya kalo tren lo semua udah pada tahu, titik masuk di angka berapa aja nggak jadi masalah..

3. harus ada titik stoploss yang konsisten (tapi yang jarang kena,... nggak perlu selalu fix 30 poin atau 80 poin, tergantung dari volatilitas market,.. ADX bisa memperlihatkan tingkat volatilitas.

4 target profit yang konsisten,
jangan sampai 100 kali kemenanganlo habis dalam 1 kali rugi aja, kalo menurut gw hitungan perbandingannya adalah adalah 3kali profit = 2kali kalah, memang sih ada yang bilang lebih baik 1 kali profit nilainya =2 kali loss, terserah elo aja berapa, yang penting konsisten, sama kalo elo mau ambil stop loss, dan kalo dirata2 sebulan elo masih profit!

5. udah deh cukup, buat tambahannya....

a. jangan terlalu banyak indikator malahan bikin lo pada bingung ragu dan terlambat, indikator ini naik yang itu turun,yang satu lagi baru mau naik, dan bla..bla..bla... nanti akhirnya pasti.. aaduh gw telat masuk, coba........ basi banget nih yang kaya gini

b. jangan nempelin muka sama monitor selain lo bisa kestrum, kerjaan lo yang lain bisa keganggu, apalagi kalo harus meeting dalam kondisi floating bisa kacau bahan lo nanti... pasnag aja order pending dgn TP dan SL tinngal deh,... percaya sama saya profit yang kaya gitu bakalan lebih besar daripada kita pantau harga terus menerus..

c. jangan pakai robot,... selain belum tentu sukses,... lo ga bakalan bisa menganalisa kesalahan buat progress elo sendiri....

d. Udah ah gw jadi kaya nenek2... kaya gw udah profit ratusan juta aja.... nah selanjutnya gw nanti mau ngasih tahu

1).teknik melihat arah tren (hanya dalam 1 menit melihat grafik)
2). menentukan titik masuk (tak ada lagi "istilah aduh terlambat")
3). Stoploss yang fair (stoploss??? siapa takut?!)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails