Find

Tuesday, March 29, 2011

Tips Yang Perlu Diperhatikan Bila Membeli Netbook

Bagi sobat sekalian yang mau beli netbook, saya mau berbagi tips berikut ini:

Ukuran keyboard dan layar
Notebook mungil memang berukuran kecil, jadi penting untuk memilih mesin dengan ukuran layar dan resolusi yang nyaman di mata Anda. Mesin-mesin ini menawarkan layar berukuran 7” (antara lain Asus Eee PC 4G), 8,9” (Acer Aspire One, Asus Eee PC 901, HP 2133 Mini-Note, Lenovo IdeaPad S9, MSI Wind Notebook U90), atau 10” (Asus Eee PC 1000H, Axio Pico, MSI Wind Notebook U100, Lenovo IdeaPad S10).

Prosesor
Saat ini ada dua perusahaan – Intel dan VIA - yang memproduksi prosesor yang dirancang untuk mendukung kecepatan dan efisiensi batere pada notebook mungil. Intel awalnya mendayai notebook mungil dengan prosesor Intel Celeron M processor (900MHz). Namun kini yang banyak digunakan adalah prosesor Intel Atom yang lebih efisien daya (800MHz sampai 1,8GHz).

Jumlah port
Jika Anda suka mengkoneksikan kamera digital, MP3 player, atau bahkan monitor eksternal, tak perlu kuatir. Rata-rata notebook mungil menghadirkan tiga port USB 2.0, port VGA-out, dan slot kartu memori. Pengecualian adalah Lenovo IdeaPad S10 yang hanya memiliki dua port USB 2.0. Namun sebagai gantinya Lenovo IdeaPad S10 menyodorkan slot ExpressCard, cocok bagi Anda yang suka menggunakan kartu Internet broadband. Slot ExpressCard ini juga dibundelkan oleh HP 2133 Mini-Note.

Resolusi Gambar
Jangan lupa perhatiin resolusi layarnya, biasanya netbook pake resolusi 1024x600, agak nggak nyaman, lebih kecil dari resolusi desktop sekalipun
pengalaman pribadi waktu kepengen beli netbook, waktu liat resolusinya ternyata kayak gitu, ilang deh nafsu makan, ada sih yang pake resolusi 1336x768, tapi harganya udah nggak bersahabat lagi tuh buat netbook

semoga membantu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails